Sebagai contoh, pada tahun 2016, permainan “Overwatch” memenangkan penghargaan “Game of the Year” dari The Game Awards. Kemenangan ini memberikan dampak yang signifikan terhadap persaingan di industri permainan video. Para pengembang permainan lainnya termotivasi untuk menciptakan permainan yang lebih baik dan lebih inovatif untuk bersaing dengan “Overwatch”. Hal ini pada akhirnya menghasilkan terciptanya permainan-permainan baru yang lebih berkualitas tinggi, seperti “Fortnite” dan “Apex Legends”.
Secara keseluruhan, persaingan yang didorong oleh penghargaan “Game of the Year” memiliki dampak positif yang signifikan terhadap industri permainan video. Persaingan ini mendorong pengembang untuk menciptakan permainan yang lebih inovatif dan berkualitas tinggi, yang pada akhirnya menguntungkan para pemain.
Dampak Budaya
Penghargaan “Game of the Year” memiliki dampak budaya yang signifikan karena dapat memperkenalkan permainan video kepada audiens yang lebih luas. Hal ini dapat terjadi melalui berbagai cara.